Hanya Seorang Pegawai Swasta yang tertarik dengan dunia Blogging

Tips Memilih Laptop Untuk Mahasiswa

Laptop sudah menjadi benda yang dibutuhkan oleh banyak orang, tak terkecuali orang-orang yang pekerjaannya terkait dengan penggunaan laptop dan anak-anak sekolah/mahasiswa.

Apabila Anda seorang mahasiswa yang selalu menggunakan laptop, maka Anda harus memahami cara memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa.

Laptop bagi mahasiswa dibutuhkan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Biasanya mahasiswa akan memilih tipe laptop yang kapasitasnya cukup, spesifikasi lengkap, dan ringan karena laptop tersebut pasti akan sering dibawa ke kampus.

Dalam memilih laptop yang tepat memang tak mudah, tapi Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

11 Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

1. Menyesuaikan Kembali dengan Bajet yang Dimiliki

Tips yang paling pertama untuk Anda yang sedang memilih tipe dan jenis laptop tertentu adalah, memilih laptop yang harganya sesuai bajet yang dimiliki.

Kemudian Anda bisa memilih tipe-tipe laptop yang harganya di bawah atau tidak lebih dari jumlah anggaran yang dimiliki

Biasanya mahasiswa menggunakan laptop untuk melakukan beberapa tugas atau pekerjaan yang ringan, misalnya seperti membuat slide untuk kebutuhan presentasi, mengetik tugas, atau menjalankan software tertentu yang berkaitan dengan tugas kuliah. Maka Anda bisa memilih tipe laptop yang harganya sekitar 3-4 jutaan saja.

2. Mencari Spesifikasi Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah memilih laptop yang harganya sesuai dengan bajet atau anggaran yang dimiliki, kini saatnya Anda memilih laptop yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal itu akan memudahkan Anda dalam memilih laptop yang cocok dengan Anda.

Contohnya apabila Anda seorang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran, maka Anda akan membutuhkan laptop yang spesifikasi serta kinerjanya bagus apalagi jika dilihat dari RAM dan Processornya.

Pilih juga model/desain yang simpel dan efisien, agar mudah dibawa ke mana saja.

3. Memilih Laptop yang Sudah Pre-Installed Windows

Jika Anda membeli laptop yang sudah memiliki sistem operasi windows maka Anda bisa langsung menggunakannya setelah membeli.

Namun sebaiknya pilih jenis laptop yang sudah Pre-Installed Windows sehingga Anda tak perlu repot menginstalnya kembali ketika baru menggunakan laptop tersebut.

Biasanya harga sistem operasi window yang original juga cukup mahal, jadi ada baiknya jika laptop yang Anda beli sudah menggunakan Pre-Installed Windows.

Selain itu, jangan menggunakan sistem operasi window yang bajakan karena cenderung tidak aman.

4. Perhatikan Desain Laptop

Anda mungkin akan sering berpindah tempat ketika berkuliah, sehingga jenis, tipe dan desain laptop yang Anda pilih harus disesuaikan juga dengan aktivitas Anda di kampus. Anda bisa memilih desain laptop yang simpel, praktis serta ringan dibawa ke manapun.

Tampilan laptop juga sangat penting, Anda bisa memilih desain yang elegan, slim dan sesuai selera Anda dalam pemakaian laptop tersebut.

Ada banyak tipe laptop yang desainnya simpel tetapi tetap memiliki kesan yang praktis dan elegan, sehingga bukan saja nyaman digunakan tapi laptop tersebut juga enak dipandang.

5. Memilih Laptop yang Memiliki Garansi Resmi

Anda juga harus membeli laptop di tempat yang tepat dan terpercaya, sehingga garansi yang diberikan pun adalah garansi secara resmi. Garansi ini bisa menjadi jaminan, jika laptop yang Anda beli itu rusak atau bermasalah.

Pastikan juga kapan masa berlaku dari garansi laptop tersebut, sehingga Anda bisa membawa laptop ke tempat garansi jika ada kerusakan/masalah sebelum masa garansinya benar-benar habis.

6. Pilih Ukuran Layar, Daya Tahan Baterai, dan Jumlah RAM yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pastikan juga laptop yang Anda beli memiliki daya tahan baterai yang cukup besar, sehingga Anda tidak perlu menggunakan laptop yang harus selalu memerlukan soket listrik karena baterai yang sering habis.

Daya tahan baterai yang lama juga akan membantu Anda menyelesaikan tugas tepat waktu.

Ukuran layar laptop juga penting, misalnya jangan terlalu besar atau terlalu kecil supaya praktis ketika dimasukkan ke dalam tas. Pilih juga laptop yang jumlah kapasitas RAMnya sesuai dengan kebutuhan.

7. Mempertimbangkan Kenyamanan Ketika Memilih Desain 2 in 1

Anda juga bisa memilih tipe laptop yang memiliki fitur touchpad dan keyboard yang nyaman. Kenyamanan selalu menjadi poin utama ketika Anda membeli barang apapun termasuk laptop.

Anda bisa memilih touchpad laptop yang lembut terutama pada tingkat responsifitasnya.

Maka mengambil laptop atau mengetik di laptop akan membuat Anda menjadi lebih nyaman. Pilihan tipe laptop 2 in 1 juga bagus, karena memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop Yang Benar

8. Menggunakan Sistem Operasi yang Sesuai

Banyak mahasiswa yang menggunakan sistem operasi windows, maka dari itu pilihlah tingkatan sistem operasi windows yang sesuai misalnya OS windows 10 yang paling terkini.

Selain menjadi OS windows yang populer, tipe OS tersebut juga didukung oleh banyak aplikasi yang sangat mudah dicari.

9. Memilih Jenis Laptop yang Ukurannya Portable

Fungsi utama dari laptop untuk mahasiswa ini adalah supaya bisa dibawa ke mana saja, dan bisa digunakan di mana saja. Cara memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa berikutnya, terkait dengan ukuran laptop.

Sebaiknya Anda memilih tipe laptop portable dengan bobot sekitar 1,8 Kg saja.

Sedangkan untuk ukuran layarnya sekitar 11-14 inch sudah cukup bagi mahasiswa yang sering menggunakan laptop. Untuk kegunaan laptop yang sifatnya lebih ke portabilitas maka ukuran layar 11-13 inch menjadi saran terbaik.

Lain halnya dengan mahasiswa jurusan seni/teknik yang biasanya membutuhkan laptop dengan ukuran layar yang lebih besar misalnya laptop 14 inch.

10. Memilih Laptop yang Tepat untuk Multitasking

Maksud dari multitasking ini adalah mampu mengerjakan beberapa pekerjaan di waktu yang bersamaan. Inilah yang harus diperhatikan oleh mahasiswa ketika memilih laptop.

Misalnya ketika Anda menggunakan microsoft pada laptop, Anda juga bisa mendengarkan lagu melalui laptop tersebut.

Hampir seluruh laptop yang ada di pasaran sekarang, memang sudah dibuat multitasking. Apalagi jika spesifikasi laptop tersebut lebih tinggi dan lengkap. Maka Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi sekaligus tanpa khawatir laptop menjadi lemot.

11. Membeli Laptop di Marketplace yang Tepat

Apabila Anda kebingungan saat mencari tipe laptop yang harganya murah, atau membandingkan spesifikasinya satu sama lain maka Anda bisa membeli laptop di tempat yang tepat.

Misalnya marketplace yang terpercaya, yang mampu memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya.

Apalagi jika Anda membelinya secara online, maka tingkat keamanan  harus menjadi yang utama. Jika Anda membelinya di toko offline, maka Anda juga bisa memilih toko yang mampu memberikan rekomendasi terbaiknya pada pilihan tipe laptop tertentu.

Cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa ini menjadi panduan yang tepat bagi Anda, yang masih bingung dalam memilih tipe dan merk apa yang sekiranya cocok dengan kebutuhan Anda.

Tips tersebut juga bisa menjadi patokan, jenis laptop apa yang sebaiknya tidak dipilih oleh mahasiswa. Usahakan juga memilih laptop yang kualitasnya unggulan.

Leave a Comment