Hanya Seorang Pegawai Swasta yang tertarik dengan dunia Blogging

Menghindari Penipuan Lewat Whatsapp

Cara Menghindari Penipuan Lewat Whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Aplikasi whatsapp mampu menarik banyak orang untuk menggunakannya sebagai alat komunikasi antar sesama pengguna whatsapp.

Bahkan aplikasi yang satu ini sudah dicap sebagai aplikasi media sosial paling populer di Indonesia saat ini. Hal itu terlihat dari banyaknya pengguna aplikasi whatsapp di Indonesia saat ini.

Banyaknya orang-orang yang menggunakan aplikasi whatsapp dikarenakan aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan juga menarik. Anda bisa menikmati aplikasi ini dengan puas, seperti halnya chatting, telepon, viceo call, kirim file, dan masih banyak yang lainnya.

Fitur-fitur yang ada di dalamnya menjadikan banyak orang tertarik karena mudah digunakan dan juga simpel dalam penggunannya.

Untuk menggunakan whatsapp, anda perlu menyimpan kontak milik orang lain terlebih dahulu supaya bisa melakukan komunikasi antara satu sama lain.

Nomor yang benar-benar menggunakan whatsapp nantinya akan muncul keterangan whatsapp pada kontak yang ada.

Bila anda sudah menyimpannya, anda akan bisa melakukan komunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan fitur yang ada.

Melihat itu, masih ada juga orang yang salah menggunakan media sosial untuk hal yang tidak bertanggung jawab. Banyak dari mereka yang menggunakannya untuk penipuan terhadap orang-orang yang menggunakan whatsapp.

1. Memperketat Keamanan Akun Whatsapp

Di dalam whatsapp terdapat fitur yang sangat lengkap seperti mengetahui pesan terkirim, melihat profil, kapan terlihat online, dan lain-lain. Anda juga bisa mengatur settingan privasi kontak anda supaya tidak ada kontak lain yang bisa menghubungi anda apabila tidak dikenal.

Dengan menggunakan cara yang satu ini akan sangat efektif sebagai langkah awal mencegah penipuan yang terjadi.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara memperketat keamanan akun whatsapp milik anda. Orang-orang sering lupa mengatur settingan keamanan pada whatsapp.

Sehingga mereka seringkali terkena tipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu, memperketat keamanan akun whatsapp harus anda lakukan sebelum terjadi penipuan terhadap anda.

Di dalam whatsapp terdapat fitur yang sangat lengkap seperti mengetahui pesan terkirim, melihat profil, kapan terlihat online, dan lain-lain.

Anda juga bisa mengatur settingan privasi kontak anda supaya tidak ada kontak lain yang bisa menghubungi anda apabila tidak dikenal.

Dengan menggunakan cara yang satu ini akan sangat efektif sebagai langkah awal mencegah penipuan yang terjadi.

2. Verifikasi Dua Langkah

Apakah Verifikasi satu kali saja sudah cukup? Sebetulnya Verifikasi satu kali saja sudah terbilang aman untuk menghindari penipuan apapun.

Akan tetapi, akan lebih efektif jika anda memilih untuk melakukan Verifikasi dua langkah.

Hal ini akan membuat keamanan anda lebih terjamin kedepannya. Dengan begitu, data milik anda juga tidak dapat diakses oleh orang lain.

Bagi anda yang ingin melakukannya, caranya sangat mudah yaitu dengan masuk ke aplikasi whatsapp pada smartphone anda, lalu pilih menu setting pada bagian pojok kanan atas titik tiga, pilih akun dan pilih menu Verifikasi dua langkah.

Nantinya anda akan dibawa ke tahap berikutnya dengan menuliskan nomor telepon kembali. Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai peniupan yang terjadi nantinya.

3. Cek Nomor Yang Masuk Tanpa Nama

Penipu yang tidak dikenal pastinya akan mengubungi anda melalui whatsapp dengan nomor yang belum anda miliki. Biasanya penipu seringkali menggunakan foto profil palsu dan juga nama palsu untuk menghindari samarannya.

Namun apabila tidak ada foto profilnya sama sekali, sebaiknya anda jangan merespon apa yang disampaikan lewat chat anda, begitu juga dengan profil yang tidak memiliki nama di dalamnya.

Apabila profil terlihat jelas, sebaiknya anda biarkan saja selama beberapa hari. Apabila benar membutuhkan atau kenal dengan anda nantinya bakal menghubungi anda kembali.

Bila sudah beberapa hari tidak ada respon sedikitpun, anda bisa langsung memblokir nomor tersebut. Dengan begitu, penipuan tidak akan terjadi pada anda nantinya.

4. Hati-Hati Dengan Rayuan Manis

Salah satu andalan yang paling ampuh digunakan oleh penipu adalah dengan menggunakan kata-kata manis. Hal itu dilakukan supaya orang mudah terhasut dengan rayuan mautnya.

Sehingga akan mudah ditipu dan dibohongi mengenai apa yang telah diungkapkan oleh penipu tersebut. Iming-iming manis akan membuat anda luluh dan mudah ditipu.

Untuk itu, anda harus membaca secara detail mengenai iming-iming yang diberikan oleh penawar. Dilihat dari kata-katanya saja sudah bisa terlihat apakah itu orang benar atau tidak.

Jika anda memiliki rasa yang kurang nyaman atau seperti ditipu, sebaiknya blokir saja nomor whatsapp tersebut.

Dengan cara ini, anda akan sulit kena tipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Cek Tawaran Yang Diberikan

Penipuan yang sering terjadi adalah memberikan tawaran mengenai produk atau apapun yang akan dijual. Biasanya orang tersebut akan menjual dengan harga yang sangat murah.

Bahkan bisa mencapai 50% dari harga pasaran yang dijual oleh orang lain. Hal seperti ini tentu akan membuat anda teriming-iming harga yang murah dan ingin sekali membelinya.

Disini anda harus mengecek terlebih dahulu mengenai tawaran yang diberikan oleh orang tersebut. Seperti halnya produk yang ditawarkan produk seperti smartphone,

biasanya harga yang ditawarkan separuh harga dari harga normal di pasaran. Jika anda sudah melihat hal seperti ini, sebaiknya jangan dilanjutkan dan langsung saja blokir nomor whatsapp tersebut.

6. Meminta Bukti

Tips yang selanjutnya bisa anda lakukan supaya terhindar dari penipuan adalah dengan meminta bukti pengenai sistem penjualan yang dilakukan.

Bukti yang diminta bisa berupa transaksi barang, transaksi pembayaran, dan lain-lain. Anda bisa meminta bukti tersebut dengan meminta hasil screenshoot.

Biasanya penipu akan kelabakan dan kebingungan bila diminta hal seperti itu. Nantinya anda harus mengecek detail mengenai sistem transaksi yang dilakukan apakah benar atau tidak.

Apabila ada kejanggalan yang terlihat, sebaiknya anda tidak usah menghubungi nomor tersebut atau memblokirnya langsung. Dengan begitu, anda akan aman dari penipuan online yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

7. Cek Toko Penjual

Penjual yang asli pastinya akan menuliskan alamat lengkap toko asli yang digunakan untuk menjual barang-barang tersebut.

Selain itu, toko online yang dibuatnya juga berkaitan dengan ecommerce lainnya seperti shopee, tokopedia, instagram, dan lain sebagainya.

Apabila di instagram ada, biasanya di platform ecommerce juga menjual produk yang sama.

Cek toko online tersebut secara detail, apabila tidak ada toko online yang berkaitan, anda harus berhati-hati. Biasanya itu semua adalah modus yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menipu pelanggannya.

Bila anda menemukan ciri-ciri seperti ini, langsung saja blokir kontak tersebut dan hindari toko online yang ditawarkan supaya tidak kena tipu dari pihak toko online tersebut.

Itulah informasi mengenai tips mudah menghindari penipuan melalui aplikasi whatsapp.

Hati-hati apabila ada nomor baru tidak dikenal yang menawarkan sesuatu kepada anda. Dengan begitu, anda tidak akan kena tipu oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Demikian info ini kami sajikan agar kita semua dapat lebih berhati – hati.

Leave a Comment