Hanya Seorang Pegawai Swasta yang tertarik dengan dunia Blogging

Cara Merawat Laptop

Laptop sudah menjadi benda yang dibutuhkan banyak orang, dan tidak termasuk kategori benda mewah atau mahal.

Hampir setiap orang bisa membeli laptop, karena tersedia harga yang beragam, mulai dari yang rendah hingga yang mahal sekalipun.

Bagi pengguna laptop, tentunya harus tahu bagaimana cara merawat laptop agar awet dan tak mudah rusak.

Laptop sudah bukan hanya menjadi gaya hidup semata, tapi juga kebutuhan dalam berbagai bidang misalnya bisnis atau kebutuhan sekolah dan anak kuliah.

Sayangnya masih banyak pengguna laptop yang belum paham, bagaimana cara merawat laptop dengan tepat supaya laptop tersebut bisa digunakan dalam waktu yang lama.

18 Tips dan Cara Merawat Laptop Agar Awet

1. Menggunakan Stabilizer Listrik

Bagi Anda yang menggunakan laptop untuk kebutuhan pekerjaan tapi tidak melepas baterainya, sebaiknya Anda membuat tambahan stabilizer listrik.

Fungsi dari stabilizer ini adalah untuk menjaga arus agar selalu stabil. Maka kenyamanan dalam bekerja menjadi hal yang utama dengan kondisi laptop yang terjaga dengan baik.

2. Menggunakan Tas yang Tepat

Bagi para pelajar dan juga mahasiswa tentu sering membawa laptop ke kampus. Maka bagi Anda yang sering membawa laptop ke kampus, sebaiknya Anda membawa tas yang tepat dan desainnya pun khusus untuk laptop, karena laptop harus selalu terlindungi.

3. Jangan Makan atau Minum di Dekat Laptop

Bagi Anda yang senang ngemil sebaiknya tidak makan atau minum apapun dekat laptop, karena jika makanan atau minuman yang tumpah ke laptop akan masuk ke dalam keyboard lalu membuat bagian/komponen yang ada di dalamnya rusak. Jika akan makan/minum sebaiknya menjauh dahulu dari laptop

4. Jangan Menyimpan Laptop di Lantai

Tentu akan ada banyak debu yang berterbangan di sekitar lantai dan masuk ke dalam laptop, jika Anda terbiasa menyimpan laptop ini di lantai.

Menyimpan laptop di lantai juga rentan terinjak secara tidak sengaja. Jauhkan juga laptop tersebut dari jangkauan binatang peliharaan atau bahkan anak-anak Anda.

5. Bersihkan Laptop dengan Rutin

Jika laptop selalu dalam keadaan kotor maka jangan harap laptop ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Maka bersihkan laptop secara rutin, setidaknya bersihkan bagian layar monitor dan juga keyboard laptop Anda supaya tak ada bagian di dalamnya yang mudah rusak.

6. Jangan Terlalu Lama Menyalakan Laptop

Kesalahan lainnya yang biasa dilakukan oleh pengguna laptop adalah ketika laptop terlalu lama dinyalakan. Laptop yang selalu menyala secara nonstop 24 jam juga akan mudah rusak.

Akibatnya laptop akan panas atau overheat kemudian daya tahannya pun semakin lama akan semakin berkurang.

Untuk menghindari hal itu terjadi, Anda bisa menggunakan cool pads atau kipas khusus untuk laptop yang nantinya akan membuat laptop dalam keadaan dingin dan selalu stabil.

7. Jangan Memaksa Laptop Menjalankan Aplikasi/Game yang Berat

Biasanya akan ada aplikasi atau game yang diinstal dan dimasukkan ke laptop, Anda harus berhati-hati memilih game/aplikasi tersebut karena jika aplikasi/game itu berat maka laptop akan terasa berat.

Kecuali jika laptop Anda memang memiliki spesifikasi khusus atau jumlah kapasitas yang mencukupi.

Biasanya aplikasi/game yang berat itu dibuat khusus untuk komputer yang kapasitasnya lebih besar.

Apabila Anda memaksa untuk menggunakan aplikasi/game itu di laptop maka kerja RAM dan processor akan semakin berat sehingga laptop pun akan kembali overheat atau suhunya panas.

8. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Cara merawat laptop agar awet berikutnya adalah tidak menggunakan laptop di atas kasur.

Penggunaan laptop di atas kasur juga akan membuat laptop cepat panas dan laptop akan overheat.

Anda harus menghindari laptop yang overheat karena hal itu bisa membuat laptop mudah rusak.

10. Jangan Menyimpan Barang Berat pada Laptop

Kebiasaan buruk yang juga sering dilakukan oleh pengguna laptop adalah menaruh barang-barang berat di atas laptop. Hal ini tidak boleh dianggap sepele karena bagian monitor/layar dan komponen lainnya yang ada di dalam laptop, bisa menjadi rusak.

11. Bersihkan Bagian Optical Drive Laptop

Perlu Anda ketahui bahwa bagian optical drive pada laptop bisa menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran. Bahkan bagian DVD/ROM juga bisa menjadi tempat yang sering dihinggapi debu.

Maka dari itu Anda harus membersihkan bagian-bagian tersebut dengan rutin, supaya laptop selalu terjaga dengan baik.

12. Jangan Menggunakan Koneksi Internet pada Saat Hujan Lebat

Koneksi internet yang digunakan pada laptop biasanya akan berubah pada saat kondisi cuaca tidak menentu. Hal itu juga akan berpengatuh pada kinerja laptop itu sendiri.

Apabila jaringan internet yang terdapat pada laptop Anda tersambar petir saat hujan lebat, maka hal itu juga akan memberi efek buruk pada laptop.

13. Mematikan Laptop Sesuai dengan Ketentuan yang Ada

Jangan mematikan laptop dengan cara menekan tombol powernya secara langsung, maka matikan laptop sesuai dengan ketentuan yang ada.

Biasanya pengguna akan mematikan laptop melalui tombol power agar lebih cepat, padahal hal itu bisa menyebabkan laptop rusak karena tidak dimatikan dengan cara yang benar.

14. Jangan Mematikan Laptop Hingga Baterainya 0%

Penggunaan laptop hingga berlebihan juga tidak baik, misalnya Anda menggunakan laptop sampai jumlah baterainya habis bahkan sampai 0% dan mati.

Ketika laptop sudah mulai habis baterai, sebaiknya segera charger dan jangan menunggu sampai laptop mati.

15. Mengatur Tingkat Kecerahan pada Layar

Sebaiknya Anda mengatur kembali tingkat kecerahan pada layar, untuk kenyamanan dalam menggunakan laptop tersebut. Apabila tingkat kecerahannya berlebihan maka daya baterainya akan cepat berkurang atau cepat habis.

16. Menggunakan Alas yang Permukaannya Datar

Cara ini sangat penting, karena pada saat laptop sedang menyala maka otomatis bagian piranti yang ada di dalam laptop juga akan berputar.

Apalagi jika kondisi laptop yang Anda gunakan miring, maka bagian pirantinya bisa menggores komponen di sekitarnya. Hal ini juga cukup beresiko untuk laptop Anda.

17. Jangan Bermain Game di Laptop Terlalu Lama

Bermain game secara terus menerus di laptop juga bisa membuat laptop mudah rusak, apalagi kalo game yang Anda mainkan termasuk jenis games yang cukup berat. Maka laptop pun akan bekerja lebih keras dari biasanya.

18. Jangan Melakukan Download/Browsing Sembarangan

Virus bisa masuk ke dalam laptop Anda apabila Anda melakukan download atau browsing dengan sembarangan. Maka ketika Anda membuka suatu alamat website, sebaiknya Anda lebih berhati-hati, dan jangan masuk ke halaman web yang tidak jelas.

Sama halnya dengan download sesuatu dari internet, bisa jadi apa yang Anda download ini mengandung virus. Anda bisa menginstal antivirus supaya virus tidak mudah masuk.

Cara merawat laptop agar awet ini tentunya sangat mudah dilakukan, apalagi jika laptop Anda digunakan untuk urusan bisnis/pekerjaan sehingga laptop akan sering digunakan.

Jika Anda merawat laptop dengan rutin, maka laptop akan lebih awet dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Comment