Hanya Seorang Pegawai Swasta yang tertarik dengan dunia Blogging

Cara Memilih Printer Terbaik untuk Kebutuhan Anda

Memilih printer terbaik untuk bisnis Anda tidaklah mudah. Mulai dari memilih spesifikasi teknis yang rumit, fitur dan berbagai macam model yang tersedia, berbelanja unit baru bisa terasa luar biasa membingungkan.

Namun, mendapatkan printer yang tepat untuk kebutuhan Anda adalah hal yang penting. Di bawah ini, Anda akan mengetahui cara memilih printer terbaik untuk bisnis Anda.

Dengan mengetahui sedikit tips dasar di bawah ini, Anda dapat menemukan printer yang tepat untuk menghemat uang Anda.

Printer yang tepat tidak hanya menghemat biaya pembelian printer saja, tetapi juga operasional bisnis Anda ke depannya.

Jadi, penasaran dengan trik memilih printer terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda? Cari tahu trik dan tipsnya di bawah ini!

Cara Memilih Printer Terbaik

1. Analisis Kebutuhan Anda

Apa yang dicetak dan berapa banyak karyawan yang akan mencetak dari setiap unit printer adalah pertimbangan penting yang perlu Anda tangani sebelum mulai berbelanja model baru.

Di luar pencetakan harian standar Anda, cari tahu pula berapa banyak pencetakan tambahan yang nantinya dilakukan.

Sebagian besar printer saat ini dirancang untuk menangani penyalinan, faks, pemindaian, dan dokumen email, jadi Anda harus mengingatnya.

Kemudian, cari tahu jenis dokumen apa yang paling sering Anda cetak. Analisis semua kebutuhan bisnis untuk menentukan model printer baru apa yang hendak Anda beli.

2. Pilih Hitam-Putih atau Berwarna.

Apakah Anda memerlukan printer yang menghasilkan cetakan warna untuk kebutuhan bisnis sehari-hari, atau printer hitam dan putih saja sudah cukup?

Keputusan terpenting yang perlu dibuat adalah apakah Anda benar-benar perlu mencetak berwarna atau tidak. Kebanyakan printing kantor dilakukan dengan warna hitam dan putih saja.

Jika Anda hanya mencetak dokumen teks hitam putih, printer laser adalah pilihan yang lebih cepat dan juga lebih murah daripada printer inkjet.

Hal ini berlaku jika Anda mencari printer yang murah dan tugasnya lebih rendah.

Printer inkjet, meskipun murah tetap memerlukan lebih banyak tinta yang dapat dengan cepat menghabiskan biaya jika Anda sering mencetak.

Namun, jika Anda mencetak grafik dan pamflet berwarna secara rutin, printer laser warna akan menjadi pilihan terbaik Anda.

Printer laser warna menghasilkan gambar berwarna cerah meskipun kualitas yang dihasilkan tidak sebagus inkjet.

Printer inkjet sangat bagus untuk fotografer dan bisnis yang tidak banyak melakukan kegiatan mencetak. Model printer ini membuat gambar berkualitas tinggi dan bisa lebih terjangkau daripada printer laser.

Lagi cari Laptop 5 jutaan ? Baca disini Rekomendasinya

3. Multifungsi vs Satu Fungsi

Saat ini printer memiliki lebih banyak fungsi daripada sebelumnya yang hanya bisa mencetak dokumen saja. Printer multifungsi dapat terhubung secara nirkabel, menyalin, memindai, mencetak, mengirim email dan melakukan sebagian besar kebutuhan kantor.

Printer multifungsi juga tersedia dengan slot USB untuk mencetak dokumen secara langsung.

Tetapi jika bisnis Anda tidak membutuhkan semua fitur-fitur printer multifungsi di atas, Anda bisa mendapatkan printer yang sesuai dengan kebutuhan operasional bisnis Anda.

Membeli printer yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat Anda terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu dikeluarkan.

Selain itu, Anda tidak memerlukan perawatan yang rumit.

4. Perhatikan Siklus Tugas

Siklus kerja adalah jumlah halaman per bulan yang dirancang printer Anda dengan aman. Anda harus tahu berapa kapasitas printer untuk mencetak dokumen per bulannya.

Mencetak lebih dari siklus kerja dapat menyebabkan printer Anda rusak lebih awal.

Memahami siklus kerja printer sangat penting, apalagi jika Anda mencetak banyak dokumen setiap bulan.

Jika bisnis Anda banyak mencetak dokumen, mungkin memerlukan printer dengan kapasitas tinggi untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Begitu pula jika kebutuhan dokumen Anda sedikit, misal Anda hanya mencetak sekitar 1000 halaman sebulan secara teratur, maka jangan berinvestasi dengan membeli printer yang dapat menghasilkan 5000 halaman.

Perhatikan siklus tugas dari setiap model printer agar Anda bisa menghemat biaya juga.

5. Biaya Tinta

Aturan umum adalah semakin murah harga printer, maka semakin banyak uang yang akan Anda keluarkan untuk membeli tinta.

Printer murah dirancang untuk pengguna yang tidak banyak mencetak. Namun, jika kegiatan mencetak terjadi dalam jumlah yang sangat banyak tentu harga printer murah bukan jaminan yang pas.

Sebagian besar produsen printer akan menyertakan harga per halaman dalam daftar spesifikasi printer.

Membandingkan kebutuhan cetak bulanan Anda dan siklus kerja printer dengan harga per halaman adalah tips yang berharga saat memilih printer yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Biasanya, printer laser menghasilkan lebih banyak halaman per  cartridge tinta dengan harga lebih murah daripada printer inkjet.

Cartridge toner dapat menampung cukup tinta untuk seribu halaman atau lebih, sedangkan  cartridge inkjet biasanya mencapai sekitar 600 atau 700 halaman sebelum mengisi ulang dengan tinta berikutnya.

Bagi Anda yang sangat bingung bagaimana cara memilih printer terbaik untuk kebutuhan operasional bisnis Anda, 5 trik di atas bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

Leave a Comment